recent posts

HAKIKAT DEMOKRASI

Kata demokrasi berasal dari bahasa Yunani, “demos” yang berarti rakyat dan “kratos” atau “kratein” yang berarti kekuasaan atau pemerintahan. Sehingga sesuai asal katanya muncullah beberapa pengertian demokrasi, yaitu demokrasi merupakanbentuk kekuasaan yang berasal dari rakyat,oleh rakyat, dan untuk rakyat atau dengan kata lain sistem pemerintah yang kekuatannya dipegang oleh rakyat. Demokrasi juga merupakan hasil kontruksi nalar manusia atau argumentasi manusia bahwa keabsahan suatu pemerintahan adalah apabila kedaulatan yang akan menjelma menjadi kekuasaan dan wewenang untuk memerintah bersumber dari rakyat yang diperintah. 

Hakikat demokrasi berkaitan dengan harkat dan martabat manusia yang palinghakiki, yakni hak dan kewajiban dalam :
  1. Penyampaian gagasan.
  2. Pengambilan keputusan.
  3. Pelaksanaan suatu keputusan.
  4. Pengawasan terhadap pelaksanaan suatu keputusan.

Demokrasi memberikan pegangan bahwa :
  1. Setiap individu memiliki hak yang sama dalam menyampaikan gagasan, danberperan serta        dalam mengambil keputusan
  2. Setiap individu memiliki kewajiban yang sama dalam melaksanakankeputusan dimaksud serta bertanggung jawab terhadap terselenggaranyakeputusan sehingga ikut bertanggung jawab terhadap keberhasilannya.
Pada umumnya urai demokrai selalu dari sisi :
  1. Bagaimana proses penyaluran kedaulatan rakyat menjadi bentuk kekuasaandan wewenang. Bentuk penyaluran kedaulatan antara lain melalui prosespemilihan umum.
  2. Bagaimana kekuasaan diatur ke dalam kewenangan kelembagaanpemerintahan agar tidak tercipta suatu kekuasaan yang otoriter.
  3. Bagaimana pengawasan terhadap lembaga pemegang kekuasaandiselenggarakan dengan sejauh mungkin mengikutsertakan masyarakat.



HAKIKAT DEMOKRASI HAKIKAT DEMOKRASI Reviewed by Cimayang on February 27, 2018 Rating: 5

No comments:

featured post

featuredpost/labeltest,labeltest,labeltest
Powered by Blogger.