recent posts

Family Development Session (FDS)


Masalah kemiskinan masih membutuhkan perhatian khusus, sehingga membutuhkan banyak waktu dan strategi dalam proses penanganannya. Masalah kemiskinan bukan merupakan isu baru melainkan sudah lama kita dengar dari dulu, kemajuan jaman yang diekspresikan melalui ilmu penegetahuan, teknologi, budaya dan modernitas disatu sisi hanya memberikan kesejahteraan bagi sebagian masyarakat, pemerintah Indonesia sudah melakukan berbagai upaya di setiap sektor, untuk dapat mengurangi angka kemiskinan di negara ini. Mulai dari sektor pendidikan, sektor ketahanan pangan, dan kesehatan, dengan bantuan berupa dana langsung tunai sampai dengan bantuan melalui pemberdayaan masyarakat di desa maupun perkotaan. berbagai upaya juga telah dilakukan pemerintah untuk mengatasi masalah kemiskinan, yang diantarannya mengeluarkan program yakni Program Keluarga Harapan (PKH).

Baca juga :

Program keluarga Harapan (PKH) merupakan suatu program penanggulangan kemiskinan, didalam program tersebut menyasar dua hal, yaitu memberikan bantuan langsung tunai, dan juga memberikan pendampingan dalam upaya pemberdayaan kepada masyarakat miskin.

Pemberdayaan masyarakat merupakan proses untuk meningkatkan kemampuan dan sikap kemandirian masyarakat. Satu caranya adalah melalui proses pembelajaran. Hal inilah yang juga menjadi acuan Kemensos RI untuk menuntaskan kemiskinan melalui kegiatan Family Development Session (FDS) pada Program Keluarga Harapan. Kegiatan FDS ini adalah pemberdayaan masyarakat melalui proses pembelajaran. Proses pembelajaran memang seringkali berlangsung lambat, tetapi perubahan yang terjadi akan bertahan lama. Proses belajar dalam pemberdayaan bukanlah proses “menggurui”, melainkan menumbuhkan semangat belajar bersama yang mandiri dan partisipatif. kegiatan pemberdayaan melalui proses pembelajaraan dilihat dari seberapa jauh dialog, diskusi atau pertukaran pengalaman yang terjadi antara fasilitator dan penerima manfaat, dimana fasilitator tidak harus pejabat yang berkuasa tetapi dapat berasal dari orang biasa yang memliki kelebihan atau pengalaman yang layak dibagikan. Pemberdayaan melalui proses pembelajaraan lebih mengacu pada kebutuhan masyarakat, untuk megoptimalkan potensi dan sumber daya masyarakat guna mencapai kesejahteraan.

Baca juga :

Kegiatan FDS mempunyai 4 tema inti pembelajaran yaitu Pengasuhan dan Pendidikan Anak, Mengatur Keuangan Keluarga dan Memulai Usaha, Kesehatan Ibu dan Anak, Perlindungan Anak.

Tujuan dari FDS adalah:
1. Meningkatkan Pengetahuan praktis mengenai kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan kesejahteraan keluarga.
2. Meningkatkan kesadaran akan hak dan kewajiban sebagai anggota masyarakat
3. Menjaga dan memperkuat perubahan perilaku positif terkait pendidikan, kesehatan, ekonomi dan kesejateraan keluarga
4. Meningkatkan ketrampilan orang tua dalam bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi dan kesejahteraan keluarga
5. Meningkatkan kemampuan peserta untuk mengenali potensi yang ada pada dirinya dan lingkungannya agar dapat digunakan dalam peningkatan kesejahteraan keluarga dan masyarakat
6. Memberikan pemahaman kepada peserta untuk menemukan potensi lokal agar dapat dikembangkan secara ekonomi.

Family Development Session (FDS) Family Development Session (FDS) Reviewed by Cimayang on March 22, 2018 Rating: 5

No comments:

featured post

featuredpost/labeltest,labeltest,labeltest
Powered by Blogger.