recent posts

Moralitas dan Etika Bisnis

Moralitas dan Etika Bisnis
Moralitas dianggap sebagai salah satu alasan yang mendasari dan mendorong seseorang bertindak secara beretika, Moral bagian dari jiwa manusia yang tumbuh dan berdiam diri secara kuat, Karena setiap orang dianggap pasti memiliki moral. Karena moral, setiap orang bisa mengerti akan makna kehidupan, serta bagaimana memperlakukan hidup secara lebih bermakna

Definisi Moralitas
  • Moralitas adalah istilah yang dipakai untuk mencakup praktik dan kegiatan yang membedakan apa yang baik dan apa yang buruk, aturan-aturan yang mengendalikan kegiatan itu dan nilai-nilai yang tersimbol didalam nya yang dipelihara/dijadikan sasaran oleh kegiatan dan praktik tersebut.
  • Moral berasal darikata latin MOS (Moris) yang berartiadatistiadat, kebiasaan, tatacara kehidupan.
  • Tingkahlaku dikatakan bermoral apabila tingkahlaku itu sesuai dengan nilai-nilai moral yang berlaku dalam suatu kelompok sosial.
Dalam konsep moralitas, seseorang dalam menjalankan pekerjaan sangat memperhatikan aturan-aturan yang berlaku dan menghindari setiap perbuatan yang tidak boleh dilakukan Karena melanggar prinsip moralitas pada dirinya sendiri. Prinsip moralitas yang dimiliki oleh seseorang akan terus diterapkan sejauh yang bersangkutan mampu untuk mempertahankan prinsip moralitas tersebut. Ketika ada peluang melakukan kejahatan dan kejahatan tersebut sulit diketahui orang lain, moral bertindak sebagai pengontrol / yang membuat seseorang berpikir dua kali atau lebih untuk melakukannya. Kepemilikan moral adalah modal bagi seseorang dalam mengarungi kehidupan.

Pelanggaran etika sering terjadi disaat moral tidak lagi berfungsi secara utuh. Dan merosotnya moral terjadidi saat kebanggaan padaprinsip-prinsip moralitas terabaikan dandiabaikan. Mereka yang bangga pada moral telah melahirkan keputusan-keputusan yang berpandangan pada moral.  Etika berlangsung berdasarkan control moral. Untuk menegakkan dan menyuarakan moralitas setiap orang harus kembali dan masuk kedalam dirinya sendiri secara totalitas serta melakukan penggalian dengan dalam untuk kemudian menyuarakannya pada tindakan yang beretika

Pergeseran Moralitas Di Masyarakat
  • Era keterbukaan informasi memiliki dua sisi positif Karena memacu perkembangan, negative apabila informasi bias berdampak buruk/memiliki efek negative.
  • Informasi harus difilter/disaring dengan menggunakan moralitas, Contoh: Bisnis media harus menyaring informasi dan mempertimbangkan efeknya sebelum diberitakan/disiarkan
  • Bisnis yang baik mengedepankan etika dan menjunjung nilai moral. Bisnis adalah agenta of development
Moralitas dan Bisnis
Membangun bisnis didasarkan pada rasa moralitas ingin memiliki hidup yang lebih layak, serta mampu mempekerjakan orang lain dan memberi gaji yang layak. Bisnis harus mengubah perspektifnya, tidak hanya focus menciptakan profit, melainkan secara social turut bertanggungjawab atas fakta social adanya kemiskinan, keterbelakangan dan ketimpangan disekitarnya. Perusahaan harus bertanggungjawab terhadap lingkungan sekitar, dengan memberikan sesuatu kembali kepada masyarakat (Tanggungjawab social perusahaan).

Manajemen perusahaan bertugas untuk meningkatkan kemakmuran pemegang saham. Tetapi manajemen dalam menjalankan perusahaan harus mengacu pada moralitas. Jangan sampai praktik perusahaan merugikan lingkungan sekitar, misalnya dengan limbah. Profesionalitas harus diiringi moralitas. Jika tidak bisa saja seorang yang ahli pada suatu bidang menggunakan keahliannya untuk merusak.

A. Sonny Keraf: “ Suatu pekerjaan hanya bias dianggap sebagai sebuah profesi dalam pengertian yang sebenarnya kalua pekerjaan itu melibatkan komitmen moral yang tinggi dari pelakunya. Karena itu, pekerjaan yang bertentangan dengan moralitas dan yang melibatkan praktik-praktik curang tidak bias dianggap sebagai sebuah profesi dalam pengertian yang sebenarnya”

Karakter seseorang dalam berbisnis bias dibagi menjadi dua tipe:
1. Karakter positif: Menghindari berbuat curang dan mengedepankan nilai-nilai moral yang tinggi dalam berbisnis
2. Karakternegative: Melakukan bisnis yang curang dan secara terus menerus
Karakter positif bias dibangun dan dibentuk
Karakteristik: sesuatu yang tumbuh sejalan dengan waktu dan telah menimpa serta membentuk sikap seseorang yang selanjutnya itu memberi pengaruh pada setiap keputusan yang dibuat oleh orang tersebut.

Stephen Covey: “ untuk membangun manusia berkarakter, diperlukan pengembangan kompetensi secara utuh dan seimbang terhadap empat kemampuanmanusia, yaitu:
1. Tubuh (Physical Quotient/PQ)
2. Intelektual (Intelligent Quotient/IQ)
3. Hati (Emotional Quotient/EQ)
4. Jiwa/roh (Spiritual Quotient/SQ)

Pemimpin bisnis banyak melakukan pengambilan keputusan. Oleh Karena itu pemimpin bisnis agar dapat menghasilkan keputusan bisnis yang baik harus memiliki kemampuan yang seimbang dari PQ, IQ, EQ, SQ.

Moralitas dan Etika Bisnis Moralitas dan Etika Bisnis Reviewed by Cimayang on March 23, 2019 Rating: 5

1 comment:

  1. RBC | All Bet
    All Bet. 카지노사이트 “The All Bet has a range of the most popular sports, particularly horse racing, sports betting, golf, horse ラッキーニッキー racing, Bet Now | rb88 $1000

    ReplyDelete

featured post

featuredpost/labeltest,labeltest,labeltest
Powered by Blogger.